Karya Anak Bangsa: Agil’s Coloring Book

Minggu lalu saya mengunduh Agil Coloring Book dari priyatna.org. Software mewarnai memang salah satu aplikasi favorit Abbas, anak saya. Sebelumnya, dia sudah terbiasa dengan Dora Coloring Book, Bob The Builder Coloring Book, Thomas Coloring Book dan coloring book yang terdapat dalam bundle software untuk anak-anak seperti Edugames, Elexmedia, Akal Interaktif, dan yang paling favorit adalah Jumpstart. Abbas sangat menyukai Agil Coloring Book. Dia mewarnai semua gambar yang ada satu per satu.

Fitur Agil Coloring Book yang membuatnya berbeda adalah dapat mengganti gambar yang akan diwarnai dan suara latar yang diinginkan. Kita dapat menambah gambar yang akan dijadikan pola dasar mewarnai dengan menempatkan file berekstensi wmf (Windows Meta File) di folder gambar. Kita juga dapat mengatur musik latar ketika aplikasi ini berjalan dengan menempatkan file midi ke folder suara. Bagi yang tidak ingin mendengarkan suara latar, kosongkan saja folder musik ini.

Satu kritik saya adalah tidak adanya menu untuk mengatur volume suara. Semua suara yang keluar dari aplikasi ini langsung menggunakan master volume yang diatur windows. Padahal saya punya kebiasaan untuk memaksimalkan master volume di Windows Taskbar. Saya hanya mengatur suara dari volume control yang terdapat dalam aplikasi. Dengan cara ini, saya bisa mengatur volume suara hanya dari aplikasi yang berjalan. Hal ini sangat berguna khususnya jika saya memainkan game yang cukup berat. Saya tidak perlu repot-repot kembali ke Windows Desktop hanya untuk mengatur suara. Cukup dari options yang disediakan oleh game atau aplikasi.

Nah, ketika saya menjalankan Agil Coloring Book, suara latar ternyata diset maksimal dan tidak tersedia fitur pengaturan volume suara. Jadilah saya terkaget-kaget dengan suara yang teramat kencang.

Mudah-mudahan di Agil’s Coloring Book versi selanjutnya, fitur ini dapat disediakan.

Terimakasih ya om Priyatna! Salam sukses selalu, dan selamat atas karya-karyanya. Kami menunggu karya Anda selanjutnya lho.

Categories: Riset Kecil2an

  • Mantep. semakin banyak anak Indonesia JAGO

    ___
    Saya juga penggemar karya2 Anda lho mas.. Ayo berkarya untuk kehidupan yang lebih baik..

  • mmi

    yup saya juga setuju, dengan mengasa kemampuan kreatifitas anak dari kecil.

    hasilnya saya rasa akan lebih bagus.

  • Iy.funks

    thanks, aq senang banget ada yg menyediakan software u’ anak, anak saya suka corat-coret,klu ad software ini jd bs di salurin deh bakatnya.
    aq jg mau tanya!ap ‘n dmn bs dapatin software belajar berhitung untuk anak??

  • mmi

    gimana ya caranya biar bisa mewarnai langsung gambar yang formatnya jpeg di web?

    thanks