Prof Tarwotjo: Jadilah contoh yang baik bagi adik-adik siswa SMA TN

Ikastara Happy Morning

Jadilah contoh yang baik bagi adik-adik siswa SMA TN. Demikian pesan pak Tarwotjo dalam acara Ikastara Happy Morning 2007 di Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta. Dalam wejangannya yang disampaikan selama empat menit, Pak Tarwotjo mengingatkan juga agar para alumni agar bekerja dengan baik, tidak malu dengan yang halal, dan produktif.

Kehadiran pak Tarwotjo dalam acara Ikastara Happy Morning, menambah keceriaan pada pagi hari itu. Dalam usia 74 tahun, beliau masih saja penuh semangat dan gairah kehidupan. Kehadiran beliau benar-benar menjadi suntikan semangat bagi kami yang muda ini. Kami jadi merasa masih miskin prestasi, sedikit berkarya dan belum menyumbangkan manfaat sebesar-besarnya bagi bangsa ini.

Acara yang menjadi temu kangen para alumni ini menjaring animo yang sangat tinggi. Tercatat ada sekitar 150 orang alumni yang hadir. Alumni yang telah berkeluarga pun tak segan membawa serta pasangan dan anak-anak mereka. Apalagi ada beberapa pasangan jeruk yang berpartisipasi. Abang-abang dari angkatan I sampai adik-adik angkatan XV pun hadir lengkap mewakili angkatannya. Sipil dan militer. Luar negeri dan dalam negeri. Tumplek blek jadi satu.

Acara dimulai pukul 7 pagi dengan lari pagi bersama. Sayangnya formasi lari pagi tidak mengikuti tradisi TN, yaitu dengan berbaris dan bernyanyi. Tapi lumayanlah membuat betis pegal dan perut tertarik. Diperlukan waktu seperempat jam untuk mengusir rasa nyeri yang muncul di ulu hati.

Selesai mengitari stadion kesayangan bangsa Indonesia itu, alumni disambut dengan segala rupa hidangan sarapan. Mulai dari bubur ayam, sate, lontong sayur, kacang rebus, sampai bakso pun ada. Tak lupa kacang hijau (doh! Angkatan VI pasti masih trauma dengan tragedi ‘kacang ijo’) dan teh jahe hangat.

Senam Pagi ala TN
Setelah alumni berkumpul kembali dengan lengkap. Panitia mengejutkan para peserta dengan mengadakan acara senam ala TN. Urutan gerakan senamnya pun sudah tidak lancar lagi teringat di kepala. Bahkan setelah gerakan pertama, hitungan pun diusulkan disunat cukup sampai sekawan. “Yang penting gerakannya lengkap,” begitu alasan para alumni.

Sayang karena area yang tidak cukup menampung seluruh alumni, hanya beberapa banjar barisan alumni. Senam ditutup dengan push up dan gerakan raih raih. Alumni sangat menyambut sesi ini dengan semangat yang meluap-luap lho!

Doorprize Kreatip
Setelah lelah bersenam (*halah) , panitia menyelingi acara dengan penarikan doorprize. Sepertinya panitia sudah menyiapkan banyak doorprize (sponsor dari mana nih?) dan mengandalkan pembagian doorprize untuk selingan di beberapa tahap acara selanjutnya. Di kesempatan pertama ada doorprize untuk peserta yang lari pagi paling disiplin. Disiplin untuk lari mulai jam 7 dan selesai jam 8.

Saya sebenarnya juga berharap dapet doorprize. Bukan mengharapkan barangnya, tapi pemenang doorprize kan diberi kesempatan memperkenalkan diri tuh. Pantesan istri saya menjuluki saya kena post-playing delay syndrom. Ciri-cirinya suka sensasi dan cari perhatian. Hehehe.. biarin deh dikomentarin apa aja.

Akhirnya di kesempatan pembagian berikutnya, nomor peserta saya dipanggil. “Nomor dua belas!,” panggil si Bogel yang jadi MC. Dengan pede saya pun mengambil hadiah. Waktu diserahterimakan, saya kaget. Kok lembek? Masak isinya dodol? Setelah dibuka ternyata isinya Autan serenteng! Asem tenan..

Game Seru
Acara dilanjutkan dengan game. Judulnya Bola Berantai. Permainan ini dimainkan oleh tim yang terdiri dari 10 orang. Tim membentuk barisan bergandengan tangan. Tugas tim adalah menyampaikan bola bertali dari ujung barisan ke ujung lainnya. Syaratnya: tangan tidak boleh lepas. Kalo mau tahu kongkritnya, silahkan klik video di bagian bawah posting ini.

Kabarnya masih ada beberapa game lain, namun saya keburu pulang. Hari sudah siang. Anak-anak saya sudah lelah dan kepanasan. Saatnya untuk kembali sadar menjadi ayah yang baik 😀

Merchandise
Di area Happy Morning, ada tenda khusus di samping tenda makanan. Di tenda itu dijual beberapa merchandise TN. Ada kaos alumni. Versinya pun macam-macam: kaos hitam, putih, jumper, dll. Gantungan kunci, pin, stiker juga ada. Tapi yang menarik perhatian saya adalah CD lagu-lagu TN. Tadinya saya kira isinya macam-macam yel-yel khas TN. Tapi ternyata isinya masih lagu yang itu-itu juga. “Lirik oleh Marsekal anu, aransemen oleh Eko Sulistyorini”, di setiap awal lagu ada preambule seperti itu.

Padahal di forum ikastara.org sudah ada suara-suara untuk mendokumentasikan yel-yel TN. Kan bagus tuh, nggak usah pake musik. Cukup latar suara keplok-keplok tepuk tangan dan derap langkah berbaris atau berlari.

Alhamdulillah, saya bisa mengikuti Ikastara Happy Morning dengan baik. Istriku welcome diajak bangun pagi2 jam 4 untuk ngejar kereta pagi ke Palmerah. Anak-anak juga senang, karena pagi-pagi udah ngerasain naik kereta AC. Ketemu teman2 alumni, khususnya Angkatan VI: Surahman (Kantor Pajak Kalibata), M. Fathoni (Cusson Indonesia), Abimanyu (Bea Cukai), Jeremiah (Indosat), Hari Nugroho (Bea Cukai), Adi Wiyono (Polisi), dan Indra (Kepolisian lagi kuliah di PTIK). Abang-abang Angkatan V: Sigit Santoso (ISP), Y.Purwanto (Kantor Pusat Pajak sekaligus dosen STAN), Thomas Airlangga, dll. Adik-adik angkatan VII: Rudi. Abang Angkatan I: Novi (Pajak), Etik (Bea Cukai). (Btw, kok banyakan orang Depkeu yah?)

Juga adik-adik panitia. Bogel (good MC), Ayu, Rommel (thanks senamnya), Breznev, Gede (panitia bagian ngurusin anak-anak kecil yang rela repot2 mberesin mainan yang berantakan), Widia (smsku kok nggak dibalas?), yang malem2 nganter aku pulang siapa ya namanya?, Fernandus, Oka, Nugi, Mauritz, dll. Yang belum disebut tolong berdiri dan sebutkan nomor induk siswa.

Sayangnya beberapa rekan Angkatan VI (yang sudah saya sms jauh2 hari) tidak bisa hadir. Chandra Akyun (KPPN Prima) ada undangan jam 10, Wisynu Wardhana (Ditjen Anggaran) nggak bisa datang, dan Wisnu Wardhana (BP Migas) baru pulang dari Batam pagi itu. Adik alumni Wahyono (Angkatan XII) juga baru bertemu saya Minggu malam di pengajian.

Kabarnya bulan Maret nanti mau ada acara serupa. Saya nggak sabar menunggu kesempatan berikutnya. Mudah-mudahan nggak kepenthok acara lain, finansial mendukung, badan sehat, bangun tidur nggak kesiangan, dst.. Amin. Usul nih: tokoh yang dihadirkan berikutnya, bu Titik!

Link terkait:

  1. Laporan panitia peserta.
  2. Dokumentasi foto: GudangUpload1, GudangUpload2, GudangUpload3, jepretannya arfian di ikastara.org, jepretannya Muh. Muhtadi Firdaus, jepretannya munggang, hayo mana lagi?
  3. Dokumentasi Video:
    1. Sambutan pak Tarwotjo;
    2. Senam Pagi: Pembukaan-Rentangkan Tangan! (masih pada semangat), Angguk-angguk kepala, Senam seluruhnya, Push up dan Raih raih (lha ini puncaknya..);
    3. Ngobrol dengan pak Tarwotjo;
    4. Endar registrasi (kesiangan lu!);
    5. Game: Bola berantai, angkatan VIII menuju juara (ketangkep kamera lagi curang heuheuhue);
    6. OOT: Dede yasmin lagi mimik.
    7. Link menunggu proses upload ya…

Categories: Persepsi

  • Leo

    sayangnya ketiduran…

  • saya bukan panitia bang :p

    bang beta, saya link ya websitenya ke blog saya…

  • kharisma febriansyah

    sorry coy…waktu itu di sentul lagi ada event…