10 Website .go.id Tersibuk

Sepak terjang instansi pemerintah di kancah per-internet-an mungkin masih jauh tertinggal dibanding sektor swasta. Meskipun demikian, keberadaan website tersebut amat dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari besarnya trafik kunjungan ke website-website pemerintahan.

Umumnya, kepopuleran website instansi pemerintah disebabkan oleh konten informasi yang ditampilkan serta penyediaan layanan online (e-procurement, aplikasi lowongan, e-SPT, kamus online, dll).

Top 10 .go.id yang Paling Banyak Dikunjungi

Berikut ini adalah hasil riset saya mengenai 10 website instansi pemerintah tersibuk. Metodologi riset adalah dengan membandingkan trafik antar website. Data trafik didapat dari alexa.com. Data berdasarkan posisi pada saat riset dilaksanakan (tanggal 9 November 2011).

Domain yang ditandingkan adalah domain utama. Sub-domain dianggap sebagai bagian dari domain utama. Penilaian untuk website depkeu.go.id sudah termasuk sub-domain: anggaran,depkeu.go.id, fiskal.depkeu.go.id, djpk.depkeu.go.id, dst. Untuk pajak.go.id diperlakukan terpisah dari depkeu.go.id karena memiliki domain utama yang berbeda.

Dan, ke-10 website go.id tersibuk adalah..

1. Website Kementerian Pendidikan Nasional (http://kemdiknas.go.id)

Website Kemendiknas

Website ini adalah website pemerintahan tersibuk, yang berada di ranking 260 untuk website Indonesia, dan 26 ribu untuk ranking seluruh dunia. Menurut catatan Internet Archive, website ini lahir pada 4 Mei 2010 atau baru berusia 1 tahun. Sebelumnya, website ini memiliki nama domain depdiknas.go.id.

Alexa Statistics Summary utk kemendiknas

Dari mana trafik tersebut berasal? Website menyediakan berbagai layanan di websitenya, seperti misalnya menyediakan link untuk mengunduh BSE (Buku Sekolah Elektronik), informasi beasiswa, informasi akreditasi perguruan tinggi, dll. Trafik terbesar datang dari pengunjung aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia online. Selain itu, karena banyak direferensikan oleh web lain (sekitar 2747 link), website kemendiknas diganjar skor Google Page Rank 6. Nilai tersebut menunjukkan bahwa website kemendiknas memiliki kredibiltas yang cukup tinggi. Hal ini dimungkinkan karena web kemendiknas banyak mendapat backlink dari website-website perguruan tinggi (.ac.id).

 

2. Website Dirjen Dikti (dikti.go.id)

Ditjen Dikti

Website ini sebenarnya adalah bagian dari kemendiknas juga, namun karena memiliki domain terpisah maka diperlakukan terpisah pula. Website dikti menempati ranking 381 untuk Indonesia, dan 31 ribu untuk dunia. Menurut catatan Internet Archive, website ini lahir pada tanggal 18 Mei 2004 sehingga saat ini telah berumur 7 tahun. Kredibilitas website ini cukup tinggi yakni memiliki Google Page Rank dengan nilai 6.

Statistics Summary for dikti.go.id

Website Dikti menyediaan akses jurnal akademis, informasi beasiswa dikti, panduan perguruan tinggi, download gratis majalah Kampus, direktori perguruan tinggi, dll. Ada pula berita prestasi-prestasi mahasiswa dan dosen Indonesia di kancah internasional seperti kontes robot.

 

3. Website Bank Indonesia (bi.go.id)

Bank Indonesia

Dugaan saya, website Bank Indonesia ini salah setting DNS, karena tidak bisa dibuka dengan alamat bi.go.id saja, namun harus menyertakan www di depannya. Meskipun demikian web ini menempati urutan ketiga dari daftar 10 website .go.id tersibuk. Website ini menempati ranking 503 untuk Indonesia dan 53 ribu untuk dunia. Website ini sudah berumur 13 tahun, mulai mengudara sejak 26 Januari 1998.

Stat Summary for bi.go.id

Di web ini, Anda bisa mendapatkan informasi kurs, inflasi dan berbagai publikasi mengenai ekonomi dan moneter Indonesia. Website BI juga menyediakan laporan-laporan keuangan bank-bank di Indonesia.

 

4. Website Kementerian Pertanian (deptan.go.id)

Deptan

Website Kementerian Pertanian berada di ranking 748 Indonesia dan 52 ribu dunia. Website ini sudah berumur cukup tua, menyaingi website BI, yaitu berumur 13 tahun (mulai online 5 Desember 1998). Tanpa awalan kem atau dep, membuat nama domain deptan lebih ‘abadi’, tidak seperti website kemendiknas yang sempat berganti nama.

Stat Summary

 

 

5. Website Kementerian Keuangan (depkeu.go.id)

Kemenkeu

Menempel sedikit di bawah Kementan adalah website Kementerian Keuangan dengan berada di 752 ranking Indonesia dan 46 ribu untuk dunia. Website ini lahir pada 25 Januari 1999, atau telah berusia 12 tahun. Website ini termasuk yang enggan berubah menjadi berawalan kem. Sama seperti website BI, website depkeu tidak dapat diakses tanpa menyertakan www.

Stat Summary

Website Kemenkeu menyediakan link peraturan-peraturan Menteri Keuangan terbaru, mengakses majalah dan perpustakaan digital, serta publikasi-publikasi ilmiah hasil riset para peneliti Kemenkeu. Website Kemenkeu dilengkapi pula dengan aplikasi pengaduan (whistleblower system).

 

6. Website Kementerian Pekerjaan Umum (pu.go.id)

Pekerjaan Umum

Website Kementerian Pekerjaan Umum menempati ranking 1028 di antara website-website Indonesia dan 94 ribu dunia. Website ini berumur paling tua dari daftar website tersibuk ini, yakni mulai mengudara pada 10 Januari 1997.

Stat Summary

 

 

7. Website Propinsi DKI Jakarta (jakarta.go.id)

Pemprov Jakarta

Website DKI Jakarta adalah satu-satunya website pemda yang masuk ke daftar 10 besar ini. Website ini menempati urutan 1061 Indonesia dan 92 ribu dunia. Website ini mulai berfungsi pada tanggal 28 Januari 1999 (12 tahun).

Stat Summary

 

8. Website Badan Kepegawaian Nasional (bkn.go.id)

BKN

Website BKN menempati ranking 1575 Indonesia dan 147 ribu dunia. Website ini lahir pada 24 Januari 2001 (10 tahun).

Stats Summary

 

 

 

 

9. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (budpar.go.id)

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata

Website Budpar menempati posisi agak jauh di banding 8 website lainnya, yaitu 2794 Indonesia dan 238 dunia. Lahir pada 30 Juni 2002.

Stat Summary

 

10. Website Resmi Pemerintah Indonesia (indonesia.go.id)

Website resmi pemerintah Indonesia berada di posisi 10 dengan ranking 3,728 Indonesia dan 265 ribu dunia. Website ini menyediakan tautan untuk mengunduh peraturan perundangan-undangan. Lahir pada 20 Juli 2001. Kredibilitas website ini cukup tinggi yakni memiliki Google Page Rank dengan nilai 8.

Stat Summary

 

Penutup

Seiring dengan bertambahnya informasi, layanan dan aplikasi online yang disediakan oleh website-website pemerintahan, maka utilisasi website mereka pun makin tinggi. Peran internet dalam kehidupan bernegara kita akan semakin lekat. Mudah-mudahan infrastruktur jaringan internet di Indonesia bisa semakin baik sehingga mampu menopang pertumbuhan teknologi informasi, termasuk di dalamnya teknologi informasi kepemerintahan.

Ke-10 website instansi pemerintahan di atas, telah berhasil menyita perhatian masyarakat karena mampu memberikan solusi alternatif dalam menyajikan pelayanan oleh instansi tersebut. Hal itu patut diapresiasi. Ke-10 website tersebut dapat menjadi contoh bagi website-website pemerintahan lain yang banyak masih belum memberikan nilai tambah pelayanan bagi masyarakat.

Jika terdapat kesalahan dalam mengutip data atau interpretasi data, jangan segan-segan untuk menyampaikannya melalui komentar di bawah ini.

11 Thoughts on “10 Website .go.id Tersibuk

  1. Mungkin kalau sempat tolong diriset juga mas Bet, topten domain or.id dan web.id :)

  2. Iya tuh memang web Nya yang paling di cari ma masyrakat indonesia karena web krusial(penting)

  3. terima kasih banyak atas result hasil risetnya

  4. Semoga situs pemerintah yg lain bisa juga berkembang…

  5. ulas lagi donk mas bro, sepertinya urutannya sudah bergeser :D

  6. ngiler lihat alexanya…
    Mantap banget..

  7. Wah mantep ternyata indonesia.go.id dapat rank ribuan sudaan untuk rank sedunia ya :D , nah om aku punya kumpulan aplikasi Android lho dan sebenarnya smartphone Android tak perlu di kasih antivirus lho saksikan beritanya di sini http://informasixl.tumblr.com/post/91824133346/ternyata-smartphone-android-tak-butuh-aplikasi-anti

  8. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai teknologi, menurut saya teknologi sudah sangat mempengaruhi kegiatan dan aktivitas manusia pada saat ini.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai teknologi dan perkembangannya yang bisa anda kunjungi di http://library.gunadarma.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Post Navigation