Aplikasi SPPD

SMS Notifikasi untuk Status Dinas

Ada gunanya juga saya bergaul dengan kawan-kawan underground semacam neoteker dan kecoak elektronik. Cara berpikir ala hacker yang mereka anut, sedikit-sedikit nyangkut juga di otak saya. Saya bukan programmer profesional. Aplikasi-aplikasi kecil yang saya buat belum bisa disebut ‘aplikasi’ seperti yang dimaksud oleh orang-orang. Namun, saya selalu mencari jalan agar teknologi dapat membantu hidup saya menjadi lebih mudah.

Salah satu hasilnya adalah skrip yang saya buat hari ini. Berawal dari kejelian kegundahan saya melihat aplikasi perjalanan dinas di kantor saya yang saya rasa nilai informasinya akan lebih tinggi jika dikirimkan via SMS. Di kantor saya, surat tugas untuk perjalanan dinas akan diterbitkan sebelum hari H keberangkatan. Karena informasi yang kurang mengalir di antara pegawai kantor saya, seringkali saya baru mengetahui sedang ditugaskan dinas ketika pada hari H. Padahal saya juga tidak bisa setiap saat men-cek aplikasi SPPD hanya untuk melihat apakah saya akan dinas. Akibatnya, saya jadi kurang persiapan untuk melaksanakan dinas luar kantor.

Sejak seminggu lalu saya bertekad ingin membuat agar info perjalanan dinas di aplikasi SPPD dapat saya grab dan saya kirim via SMS ke ponsel saya. Tentu saja secara otomatis. Harapannya agar saya tidak perlu khawatir lagi kurang persiapan dalam menjalankan dinas luar.

Untuk mengambil data dari aplikasi SPPD berbasis web, saya menggunakan perl dengan library LWP dan HTML::TreeBuilder. Library LWP saya gunakan untuk mengakses platform web, jadi saya tidak perlu berpusing-pusing dengan pemrograman socket. Sementara library HTML::TreeBuilder saya gunakan untuk membaca tabel HTML yang terdapat pada halaman web SPPD.

Aplikasi SPPD

Untuk mempermudah penulisan skrip yang puaanjang bener, saya memilah-milah tahap penulisan menjadi (semacam) modul-modul kecil yang dapat bekerja sendiri-sendiri. Dalam proses penyelesaian skrip ini, saya membuat beberapa skrip pengujian, yaitu:

  1. Skrip untuk mengakses/membaca halaman web aplikasi SPPD.
  2. Skrip untuk memanipulasi teks dari halaman web menjadi sebaris pesan SMS.
  3. Skrip untuk mengirim SMS berisi pesan yang sudah disiapkan di skrip kedua.

Skrip Mini

SMS saya kirimkan melalui penyedia SMS gratis di web seperti http://www.sms-online.web.id/ dan http://smsgratis.web.id. Saya buat wrapper dengan perl. Sayangnya, penyedia SMS gratisan seperti ini masih kurang reliabel, kadang SMS terkirim dan kadang gagal. Tanpa ada report apa pun. Yah, namanya juga gratis, gak boleh protes. Jika memang perlu, nanti saya akan menggunakan ponsel yang dicolok ke PC sebagai basis pengiriman SMS. Sementara ini cukuplah menggunakan SMS gratisan.

Nah, setelah skrip-skrip mini itu teruji, baru saya rangkai menjadi sebuah skrip panjang yang menyelesaikan seluruh pekerjaan sesuai keinginan. Info yang dikirim via sms adalah tujuan dinas, tanggal dinas dan unit yang mengusulkan.

Skrip SMS Notifikasi DL

Hasilnya? SMS berisi info perjalanan dinas terbaru berhasil masuk ke ponsel. Alhamdulillah. Setelah berhasil, beberapa kawan juga tertarik turut merasakan aplikasi ini. Mudah-mudahan dengan aplikasi ini, saya bisa mengetahui jika dalam beberapa hari ke depan saya akan ditugaskan.

Ada yang mau ikutan?

Categories: A little bit Techie