Cara Balik Nama Kendaraan: Pengalaman Mengurus Sendiri Tanpa Calo

Bismillah.

Berikut ini pengalaman saya mengurus sendiri Balik Nama kendaraan bermotor. Meskipun yang saya balik nama adalah motor, namun prosedur yang digunakan tidak berbeda dengan balik nama mobil. Saya mengurus balik nama motor di Samsat Ciputat. Proses Balik Nama ini menghabiskan waktu dua hari di Samsat untuk membuat STNK baru (ganti nama di STNK). Untuk proses ganti nama di BPKB dilakukan di Polda dan nanti insya Allah akan saya tuliskan di sini jika saya sudah menyelesaikannya. Total biaya yang saya keluarkan sebesar 415.000.

Balik Nama Kendaraan Bermotor

KELENGKAPAN BERKAS BALIK NAMA

Berkas yang saya bawa:

  1. BPKB Asli
  2. STNK Asli
  3. Kuitansi Pembelian bermeterai
  4. KTP Asli

Saya sampai di Samsat Ciputat pukul 07.30 pagi dan langsung ke fotokopi di luar Samsat. Saya serahkan berkas sambil bilang mas tolong siapkan untuk Balik Nama. Si mas fotokopi menyiapkan segalanya, semua berkas dijepret dengan posisi yang mudah untuk diperiksa, lalu dimasukkan ke map bersampul polisi. Biaya fotokopi 5.000.

 

PROSES CEK FISIK KENDARAAN

Selanjutnya saya ke pendaftaran dan bilang akan Balik Nama. Saya diarahkan ke lokasi Cek Fisik di belakang Samsat. Saya tinggal meletakkan map di meja pendaftaran Cek Fisik, lalu mengantri untuk pemeriksaan fisik.

Cek Fisik dapat dilakukan juga di Samsat lain. Jika Anda cek fisik di Samsat yang berbeda dengan Samsat untuk balik nama, bisa langsung ke langkah selanjutnya.

 

PROSES PENDAFTARAN BALIK NAMA

Setelah selesai cek fisik, di dalam map saya bertambah satu berkas lagi yaitu hasil cek fisik. Selanjutnya saya memasukkan map ke Loket Pendaftaran Balik Nama (Loket 2-2). Di loket ini, berkas saya diperiksa kelengkapannya lalu saya langsung diberi tanda terima berkas. Petugas meminta saya untuk kembali keesokan harinya. Saya sanggupi. Di loket ini saya diminta biaya pendaftaran 50.000.

Keesokan harinya, saya mendatangi 4 loket sbb:

Ke Loket 2-2 (Pendaftaran BBN) menyerahkan tanda terima berkas yang diberikan kemarin, lalu diminta ke Loket 2-4 (Penyerahan Notice). Di Loket 2-4, saya diberi print-out berisi jumlah yang harus dibayar. Saya serahkan print-out tsb ke Loket Kasir, lalu menunggu dipanggil untuk membayar jumlah tersebut. Lalu menunggu dipanggil di loket terakhir di samping kasir. Di loket terakhir ini, saya mendapatkan STNK baru yang sudah dibalik nama. Total pembayaran 357.500.

Setelah itu, saya ke Loket 1-1 (Penyerahan TNKB) di lantai 1. Di sini saya dibuatkan plat nomor baru (tahun expired nya saja yang berubah, nomor polisi tetap). Cukup menunggu 10 menit, plat nomor sudah jadi. Kalau mau lihat proses pembuatan platnya juga bisa. Di bagian samping kantor Samsat ada mesin pencetak plat nomor. Dalam proses pembuatan plat ini, saya tidak diminta membayar apa pun.

Lalu saya bawa plat nomor tersebut ke Loket Arsip dan meminta syarat-syarat pembuatan BPKB baru nanti di Polda. Saya diberi berkas-berkas saya dan dipersilakan untuk memfotokopi. Jadi saya bawa berkas tersebut ke tukang fotokopi dan bilang, “Tolong siapkan untuk proses BPKB di Polda.” Semua sudah disiapkan mas fotokopi yang baik hati. Biaya fotokopi 2.000. Di loket arsip, Tidak dipungut biaya sepeserpun.

Detil Biaya Balik Nama

Sampai di sini saya sudah menyelesaikan proses balik nama motor dengan mendapatkan STNK baru. Total biaya yang saya keluarkan adalah sekitar 415.000 (silakan dijumlah bagian-bagian yang saya cetak tebal di atas).

 

PROSES UPDATE DATA BPKP

Nanti akan saya tulis, Insya Allah, setelah saya selesai mengurus di Polda.

 

UCAPAN TERIMAKASIH

Dalam mengurus sendiri, saya banyak dibantu oleh info dari hasil googling “Cara Balik Nama Motor”.

 

Categories: Persepsi